Air Terjun Humogo, Gunungsitoli

Di Kota Gunungsitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara ada sebuah air terjun dengan tiga tingkatan. Dimana ketinggian tingkatan air terjunnya diperkirakan setinggi kurang lebih 12 meter. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Air Terjun Humogo.

Air Terjun Humogo berada di Desa Fadoro, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Hanya 18 kilometer dari Pusat Kota Gunungsitoli dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 45 menit atau 25 menit dari Bandara Binaka Gunungsitoli. 

Air Terjun yang cukup jernih tersebut berasal dari sebuah goa yang belum pernah ditelusuri. Sehingga pengunjung akan selalu merasa air yang segar ketika mandi dibawah guyuran air terjun atau sekedar berendam di genangan kejatuhan air itu.

Bagi pengunjung juga dapat memanfaatkan guyuran air terjun untuk sekedar merasakan layaknya pijatan di pungung. Sehingga rasa pegal bisa hilang usai mandi diguyurannya.

Air terjun ini baru mulai rame dikunjungi masyarakat umum sekitar tahun 2016. Sebelumnya air terjun tersebut hanya dinikmati oleh penduduk sekitar untuk mandi dan keperluan sehari-hari lainnya.

Sehingga dilokasi air terjun belum ada sarana pendukung, maupun kios pedagang yang sekedar menjual minuman ringan. Sebaiknya ketika mengunjungi air terjun tersebut harus menyiapkan bekal yang dinikmati nantinya.

Pada tahun 2018, masyarakat pemilik lahan air terjun tersebut telah menghibahkan lahannya kepada pemerintah Kota Gunungsitoli. Kabarnya pemerintah sedang menyiapkan lokasi tersebut sebagai salah satu lokasi wisata unggulan di Kota Gunungsitoli.

Bagikan di:

Posting Komentar

Loading...
 
Copyright © Pulauku Nias. Designed by OddThemes