Ayo Ke Nias, Ada Ya'ahowu Nias Festival, November 2018

Ya'ahowu Nias Festival 2018 dijadwalkan berlangsung dari tanggal 16 sampai 20 November 2018. Ya'ahowu Nias Festival sebelumnya adalah Pesta Ya'ahowu yang berganti nama semenjak di luncurkan pada 25 Juni 2018 lalu di Jakarta. Kementerian Pariwisata juha telah memasukkan Ya'ahowu Nias Festival 2018 sebagai 1 dari 100 Calender of Event di tahun 2018.

Tahun ini lokasi penyelenggaraan berada di Nias Selatan, beberapa atraksi budaya langka dan kemegahan lainnya dari kepulauan Nias akan ditampilkan.

Selama 5 hari penuh berturut-turut, pagelaran seni dan tradisi budaya yang menarik dari seluruh Pulau Nias akan meenjadi tontonan pada festival tersebut. Semua pemerintah kabupaten bersama masyarakat Kepulauan Nias akan menampilkan pertunjukan terbaik. Di antaranya adalah tradisi melompat batu yang disebut Fahombo, serta permainan rakyat unik lainnya seperti Rago Ue, Fafusi, Fabelugama, dan Fabiri.

Nantinya masyarakat dan wisatawan juga akan disuguhkan  pawai budaya keliling kota yang menampilkan busana daerah dari setiap peserta, atraksi budaya dari masing-masing kabupaten dan kota serta tidak ketinggalan pameran unggulan dan produk kuliner khas.

Selain itu suguhan tari perang dari 1.000 penari serta 100 orang pelompat batu yang akan dicatatkan dalam rekor MURI.

Bagi para peselancar dapat menikmati ombak setinggi 2 meter di pantai sorake yang menjadi idaman surfer kelas dunia. Selain itu di  Nias Selatan juga masih banyak bisa ditemukan budaya megalitik kuno. Bahkan bukan hanya desa megalitik lengkap namun budayanya masih tumbuh sampai saat ini.

Dalam rangkaian acara tersebut juga akan dilaksanakan "one day in bawomatoluo, my national heritage" yang ditandai dengan acata penyerahan surat keputusan penetapan Desa Bawomatoluo sebagai cagar budaya nasional. Pada kesempatan itu juga akan digelar berbagai lomba, salah satunya lomba fotografi.

Untuk mencapai Nias Selatan sebagai lokasi Ya'ahowu Nias Festival 2018 dapat dilakukan dengan mengendarai sepeda motor maupun mobik dari Kota Gunungsitoli dengan menempuh waktu lebih kurang dua setengah jam.

Panitia juga telah menyiapkan penginapan yang diubah jadi homestay di Nias Selatan.

Bagikan di:

Posting Komentar

Loading...
 
Copyright © Pulauku Nias. Designed by OddThemes