Museum Pusaka Nias, Gunungsitoli


Museum merupakan salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di Pulau Nias, Museum Pusaka Nias adalah museum pertama dan saat ini satu-satunya museum yang ada. Terletak tepat di Kota Gunungsitoli, hanya berkisar 1,5 km dari pusat kota dan 0,5 km dari Pelabuhan Gunungsitoli, membuat tempat ini mudah untuk dikunjungi.

Museum ini menampilkan benda-benda yang berasal dari warisan budaya nias, mengunjungi museum ini seperti kembali kejaman dahulu, berbagai peralatan tradisional disajikan di museum. Sangat bagus dikunjungi untuk menambah pengetahuan tentang Nias ataupun untuk penelitian. Pada tahun 2014 yang lalu museum ini mendapat penghargaan sebagai pelestari cagar budaya dan museum terbaik dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Museum yang dinaungi Yayasan Pusaka Nias ini merupakan perkompleksan dari beberapa sarana wisata lainnya. Di museum ini juga ada kebun binatang mini, berbagai fauna asli nias di pelihara di kebun ini. Beberapa hewan-hewan tersebut merupakan sumbangan dari masyarakat. 

Selain ada kebun binatang mini, kompleks museum ini juga menjadi tempat rekreasi mendidik bagi pengunjung. Disekitar taman rekreasi terdapat beberapa papan petunjuk yang berisi penjelasan nama tanaman dan manfaatnya. Sehingga bagi pengunjung yang membawa anak-anak berekreasi akan mendapatkan banyak manfaat, yakni berwisata sekaligus belajar.

Lokasi kompleks museum yang tepat di pinggir laut, menjadikannya sebagai tempat yang komplit dalam berekrasi. Para pengunjung juga dapat langsung menikmati mandi air laut dengan aman. Pasalnya lautan bebas dengan pinggiran pantainya telah dibatasi dengan karang-karang besar. Bahkan tempat pemandian air lautnya juga didesain seperti kolam, lengkap dengan seluncuran khusus untuk anak-anak.

Didalam kompleks, kita juga tidak perlu khawatir jika haus atau lapar. Karena telah tersedia warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan dengan harga-harga terjangkau. 

Untuk masuk ke kompleks museum, hanya perlu membayar sebesar Rp.4000 untuk orang dewasa dan Rp.2000 untuk anak-anak pada hari senin-jumat, sementara untuk sabtu dan minggu Rp.5000 untuk orang dewasa dan Rp.3000 untuk anak-anak. jika membawa kendaraan pribadi, akan dikenai biaya tambahan. Harga yang dibayar tadi hanya memasuk kompleks saja, jika ingin memasuk ruangan museum kita akan membayar kembali. 

Di kompleks museum ini juga tersedia penginapan, tempat penginapan yang disediakan pun sangat unik yakni rumah-rumah adat dari daerah-daerah di pulau nias, selain itu ada juga penginapan dengan kamar-kamar seperti biasa ditemui di tempat penginapan pada umumnya. Untuk bisa menginap disini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp.75.000 sampai dengan Rp. 350.000 permalamnya. Fasilitas  dipenginapan pun sudah sangat lengkap, bahkan pengunjung bisa menikmati akses wifi gratis.

Selain beberapa fasilitas itu, kompleks museum juga menyediakan tempat pertemuan bergaya bangunan nias. Ada juga perpusatakaan yang berisi buku-buku tentang Nias, bahkan ada banyak buku-buku terbitan yayasan Pusaka Nias.

Bagikan di:

Posting Komentar

Loading...
 
Copyright © Pulauku Nias. Designed by OddThemes