Pantai Tureloto, Nias Utara

Pantai Tureloto merupakan salah satu pantai yang ada di Pulau Nias, tepatnya berada di Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Pantai ini hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat kecamatan lahewa, sementara jarak dari kota gunungsitoli menuju pantai ini berkisar 80 km.

Pantai ini berhadapan langsung dengan samudera hindia, namun jejeran karang di lepas pantai ini membuat ombak yang datang menjadi sirna. Tidak seperti pantai pada umumnya yang selalu berderu ombak, pantai ini bahkan tidak berombak sedikit pun.

Pantai ini juga mendapat julukan sebagai laut mati di Indonesia, julukan itu diberikan karena tingginya kadar garam air laut disekitar pantai tersebut. Sehingga bagi pengunjung akan dengan mudahnya mengapung saat berenang.

Disekitar pantai juga terpampang batuan karang yang muncul kepermukaan dengan berbagai bentuk yang unik. Bebatuan karang tersebut mulai muncul ke permukaan setelah gempa tahun 2005 yang lalu saat melanda Kepulauan Nias. Pasalnya lokasi pantai yang saat ini menyajikan bebatuan karang dulunya adalah lautan, namun akibat gempa, air laut surut hingga lokasi saat ini.

Kondisi laut yang tidak berombak tersebut, membuat air laut tampak tenang bagaikan kolam dengan keindahan warna laut dan dasar pasir putih yang memanjakan mata. bahkan jika saat cuaca cerah dengan terik matahari mendukung ait laut akan terlihat lebih bening.

Objek wisata yang masih dikelola masyarakat setempat secara mandiri ini juga menyediakan sampan bermotor untuk melayani pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar pantai dengan biaya Rp. 10.000 per orang selama 30 menit.

Disekitar pantai, warung-warung sederhana menawarkan sajian makanan khas laut seperti ikan bakar atau goreng bagi pengunjung dengan harga mulai Rp.50.000.

Untuk mencapai pantai, hingga saat ini belum ada transportasi umum, sehingga jika pengunjung yang datang dari luar daerah melalui bandara binaka atau pelabuhan gunungsitoli harus menyewa mobil rental dengan harga berkisar Rp.300.000, untuk melakukan perjalanan selama kurang lebih 2 jam. 

Bagikan di:

Posting Komentar

Loading...
 
Copyright © Pulauku Nias. Designed by OddThemes