Taman Ya’ahowu, Gunungsitoli

Taman Ya’ahowu merupakan sebuah taman yang didesain untuk ruang terbuka publik. Taman Ya’ahowu terletak di sepanjang jalan Lagundri atau dikenal juga dengan sebutan lain jalan tepi laut. Taman ini terletak dekat pantai dan langsung berhadapan dengan lautan.

Pada taman tersebut tersedia berbagi fasilitas yang dapat dimanfaatkan pengunjung diantaranya, fasilitas jogging track dan jalur pedesterian (jalur khusus pejalan kaki), Fasilitas Ruang Terbuka Hijau (FRTH) dengan taman yang dipenuhi rumput, juga telah tersedia pula fasilitas toilet dan lapangan parkir.

Selain itu juga telah ada fasilitas tempat duduk yang mudah ditemukan. Karena Setiap satu hingga dua meter terdapat kursi panjang yang saling berhadapan. Semua kursi yang ada di taman tersebut terbuat dari semen.

Letak Taman Ya'ahowu yang berada disekitar kota, terutama dekat dengan pasar Ya'ahowu menjadikannya kawasan yang mudah untuk dikunjungi. Bagi para pengunjung pun tidak perlu khawatir untuk mendapatkan makanan jika sewaktu-waktu perut terasa lapar. Karena didekat lokasi taman, banyak ditemui warung - warung makan yang buka hingga malam hari.

Sebelum menjadi ruang terbuka publik, lokasi Taman Ya'ahowu awalnya merupakan pantai seperti pantai pada umumnya. Gempa pada tahun 2005 menjadikan lokasi tersebut sebagai lokasi pembuangan reruntuhan bangunan yang roboh akibat gempa. 

Beberapa bulan setelah itu, timbunan reruntuhan diratakan dan diatasnya dibangun puluhan bangunan darurat terbuat dari kayu untuk penampungan sementara para pengungsi atau korban gempa yang belum dapat tempat.  Bangunan tersebut, selain untuk tempat tinggal, juga dapat digunakan tempat berjualan. 

Seiring berjalannya waktu, oleh pemerintah Kota Gunungsitoli, lokasi yang semula dipenuhi bangunan darurat itu pun ditata hingga menjadi Taman dan dijadikan sebagai tempat berbagai kegiatan pemerintah terutama dibidang pariwisata.

Berikut video lengkapnya :

Bagikan di:

Posting Komentar

Loading...
 
Copyright © Pulauku Nias. Designed by OddThemes